NuArt Sculpture Park, Taman Patung terbesar se-Indonesia

cafe nuArt

Berlokasi di kota Bandung,  NuArt pertama kali dibuka tahun 2000 oleh seniman patung, Nyoman Nuarta.  Tidak hanya sebuah gallery & museum, NuArt juga dilengkapi dengan teater, art space, café, dan restoran. Dan yang paling penting, untuk masuk ke dalam tempat ini sama sekali tidak di tarik biaya apapun (kecuali parkir). Letak NuArt kurang lebih 10 menit dari pintu tol Pasteur. Jangan lupa gunakan aplikasi GPS untuk menuju tempat ini, karena letaknya yang cukup masuk kedalam perumahan.

Nyoman Nuarta adalah seniman yang sebagian besar karya nya menggunakan logam dan resin. Ia juga yang membuat patung GWK, di bali. Namun pembuatannya di lakukan di NuArt, Bandung.

Museum NuArtPatung Dewa Kematian

Dibagian dalam gedung museum, tidak hanya patung-patung buatannya saja yang di pajang, namun di lantai dua terdapat artspace untuk para seniman muda yang ingin memamerkan karya nya. (Saat itu yang saya lihat adalah pameran lukisan). Sedangkan lantai tiga bangunan ini adalah kantor.

domba dari per NuArt

Ketika masuk kedalam museum, seluruh karya menurut saya sangat bagus. Namun ada satu karya dengan ukuran cukup besar, dan sangat detail dan rapih. Nama seniman ini Putu Wirantawan, tahun 2015. Lukisan ini bernuansa spiritual, melukiskan makrokosmos dan mikrokosmos. Namun yang paling membuat saya amaze, karya sebesar ini dibuat menggunakan pensil & ballpoint di atas kertas.

pameran lukisan NuArt

Dengan luas 3 hektar, taman ini tidak hanya menyuguhkan keindahan patung dan lukisan, namun juga arsitektur bangunan yang menarik, Taman yang asri, dan dipadukan dengan patung patung besar milik Nyoman.

Setiap titik yang kita temui sangat menarik untuk didatangi, tidak terkecuali coffee shop Copper & Brass. Dinding café digambar oleh lukisan, dan banyak kaca pada pinggir café. Ketika saya datang, cuaca mendung dan sempat hujan. Sungguh suasana yang nyaman, feels like home. Hehe

Namun karena ruangan pameran semi terbuka, banyak air masuk saat hujan. Namun banyak cleaning service yang segera membersihkan tempat. Keseluruhan tempat bersih dan rapih, tidak terkecuali kamar mandinya.

nu cafe

Kembali lagi ke Café Copper & Brass, menu yang di sediakan di café ini kurang berfariasi (tidak ada makanan berat), akhirnya pilihan saya jatuh pada The Green peach seharga 28.000 rupiah (cukup untuk 2 orang, free refill) , dan 1 buah strawberry cupcakes sekitar 30.000 rupiah.

Cukup worth it untuk menikmati hujan dan taman saat itu.

Namun sayangnya café tidak hanya menerima pembayaran Tunai. Dan di daerah NuArt tidak ada ATM. Jadi sangat penting untuk membawa uang cash.

mini cafe NuArt

Untuk yang mencari makanan berat, anda bisa datang ke Ncafe, letaknya ada dibagian belakang museum NuArt. Di tempat ini pula sering diadakan event untuk anak (tidak menutup kemungkinan untuk dewasa), seperti Clay, Mask decorating, Finger Painting, Coloring, dan lainnya. Event ini diadakan hampir setiap hari. Namun pastikan kembali sebelum anda datang.

Ncafe NuArt

NuArt Sculpture Park

Museum-Gallery-Park-Audio-Visual Room-Craft Boutique-Coffee Shop

www.nuartsculpturepark.com

Jl. Setraduta raya no. L6, Bandung, 40151 – Indonesia

Telp : 02 22 2020 414

Telp (Ncafe, khusus DIY Craft) : 0811 22 4749

Instagram : nuartpark

Jam buka :

Minggu – kamis : 10.00 – 17.00 WIB

Jumat & sabtu : 10.00 – 21.00 WIB

 

Nilai :

Pengalaman (art) : 9

Rasa : 8.5

Tempat : 9

Harga : 8

Leave a Reply