Berkunjung ke perkebunan di Kaki Gunung, BALITSA

perkebunan jagung balitsa
Bandung menyimpan banyak tempat yang menarik untuk di nikmati dan di abadikan dalam foto. Mulai dari Wisata Kuliner, Wisata Alam, maupun buatan. Namun sayangnya belum banyak artikel/blog yang membahas mengenai tempat ini. Kali ini yang akan dibahas adalah tempat rekreasi alam yang di budidayakan sangat baik.
perkebunan balitsa
perkebunan balitsa
Kebun seluas 40 hektar ini, letaknya tepat dibawah kaki Tangkuban Perahu, persis di pinggir jalan.
Plang yang cukup besar terpampang jelas di pinggir jalan.
Balitsa adalah singkatan dari Balai Penelitian Tanaman Sayuran, yang merupakan salah satu Unit Pelaksana Teknis Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian. Jadi pastinya kamu akan temui disini adalah varietas buah-buahan dan sayur-sayuran. Dan juga jejeran pohon pinus yang tersusun rapih di pinggir jalan.
perkebunan balitsa
balitsa11
Untuk bisa masuk ke dalam, pengunjung dikenakan biaya yang cukup terjangkau, sekitar Rp 5000/orang kepada petugas keamanan setempat. Sedangaknbiaya parkir kendaraan tidak dikenakan biaya alias gratis.
Dari awal masuk kedalam gerbang perkebunan, Balitsa menyuguhkan pegunungan yang langsung dapat dilihat 180 derajat tanpa tertutup oleh bangunan lainnya persis di depan mata.
perkebunan balitsa
Hamparan tanaman yang luas, suasana yang sangat asri dan udara sejuk dapat memanjakan mata, juga memiliki daya tarik tersendiri untuk orang yang berkunjung ke dalam perkebunan ini. Tanaman dan Sayuran dengan latar belakang Gunung,dapat menjadi latar foto yang menarik untuk di abadikan.
Tanaman yang ada disini antara lainnya; jagung, cabai, bawang, bayam, bawang, dan bebrapa sayuran lainnya yang berwarna warni semakin indah untuk di nikmati mata.
Taman Balitsa Lembang
perkebunan balitsa
perkebunan balitsa
Sambil duduk di pinggir perkebunan, kita bisa menikmati angin sepoi-sepoi dan melihat para petani yang sedang menanam ataupun memanen hasil kebun. Terdengar simple memang, namun rasanya cukup nyaman & damai untuk singgah duduk di tempat ini.
Selain menikmati hamparan berbagai macam tanaman, Balitsa yang merupakan kebun penelitian ini  juga memiliki rumah kaca/Green House. Sayangnya ketika berkunjung ke bagian green house, sebagian rumahnya digembok, alias tidak diperbolehkan pengunjung untuk masuk kedalam.
Untuk yang penasaran dengan perkebunan ini, langsung datang ke Balitsa yang letaknya tidak jauh dari Tangkuban Perahu. Sambil ngabuburit, ataupun sambil ber tamasya mencari angin segar.
Oia info tambahan untuk dapat masuk Balitsa dan berkeliling perkebunan, kamu di larang membawa kendaraan pribadi kedalam perkebunan. Walaupun jalan nya cukup besar dan sudah di aspal, kendaraan wajib di parkir di depan gedung penelitian. Lumayan lah jalan jalan menikmati udara yang segar dan sejuk, sambil olah raga hehe. Kurang lebih memakan waktu 1-2 jam apabila kamu berniat untuk mengelilingi seluruh perkebunan 🙂
Selamat berjalan-jalan ria!

Balitsa (balai penelitian Sayur Tanaman)

Green House Balitsa
Green House Balitsa

Balitsa

(Balai Penelitian Tanaman Sayuran)
Jl.Tangkuban Perahu no.517, Cikole, Lembang, Kab. Bandung Barat,Jawa Barat
Telp : 022-2786245

2 Comment

  1. aranam says: Reply

    halo, ka saya ingin tanya tengang balitsa nih. untuk masuk ke balitsa perlu izin ga?

    1. admin says: Reply

      halo, gak perlu ijin masuk ke balitsa, tinggal bayar 5000 aja dan tulis nama dan tujuan utk apa masuk ke balitsa 🙂

Leave a Reply