Hutan Pinus ala dunia dongeng di Grafika Cikole

area outbound Grafika Cikole

Pertama yang muncul dipikiran kamu pasti “Ada apa sih di Hutan?”, atau…. “Memang bisa ngapain di dalam hutan?”

Yapp, pertanyaan yang tepat dan mudah sekali untuk di jawab.

Selain menjadi wisata alam dikaki gunung, Hutan pinus satu ini memiliki beberapa fasilitas yang harus dicoba! Kenapa? Karena fasilitas yang di tawarkan cukup lengkap yang dapat dinikmati bersama keluarga, teman ataupun orang terdekat mu.

Mulai dari Hotel, restoran, hingga kegiatan hiburan seperti Outbound tersedia disini. Permainan extreme seperti bermain panjat tebing, Rappelling, Arum Jeram, Painball, atau off road di jalan berlumpur dapat anda nikmati di sini.

area paintball Grafika Cikole
area paintball Grafika Cikole

Sebetulnya ada beberapa spot hutan (kalo tidak salah ada 3 spot) yang berdekatan satu sama lainnya, dan memiliki fungsi masing masing yang tidak jauh berbeda.

Namun satu spot yang cukup hits di telinga masyarakat adalah Terminal Wisata Grafika Cikole yang berada di kaki Gunung Tangkuban Perahu. Jadi kamu tinggal pilih salah satunya. Karena untuk masuk masing-masing spot memiliki tiket parkir dan tiket masuk per orang yang tidak jauh berbeda.

area outbound Grafika Cikole
area outbound Grafika Cikole

Awal kedatangan disambut dengan tempat parkiran yang cukup luas, jadi jangan takut untuk tidak kebagian lahan parkir. Setiap saya melewati Grafika Cikole, tempat yang satu ini tidak pernah sepi pengunjung..

Karena aksesnya yang mudah dan parkiran yang super luas. Sedangkan fasilitas toilet dan mushola disini juga cukup bersih dan terawat.

Grafika Cikole

Grafika Cikole Lembang sebetulnya adalah hutan pinus milik PT. Perhutani. Saat ini hutan pinus di daerah ini masih aktif diambil getahnya untuk di olah kembali menjadi barang jadi. Namun karena keindahan alamnya, kini seakan menjadi tempat wisata alternatif dikawasan Lembang, Bandung. Kontur tanah yang berundak, di ketinggian 1400 mmeter di atas permukaan laut, membuat suasana yang indah di pandang mata juga udara yang sejuk, sekitar 20 derajat celcius.Luas area hutan pinus ini kurang lebih 9 hektar, lumayan buat tracking pendek sambil menikmati alam.

Grafika Cikole
area outbound

Penginapan di Cikole ini bernama pondok Wisata, orang biasanya kenal dengan nama Rumah Kurcaci. Interior maupun eksterior bangunan di dominasi oleh kayu, persis seperti rumah desa ala kurcaci yang ada di dunia dongeng.

Namun apabila kamu berencana menginap di pondok ini, jangan lupa di tepuk/di sapu ya. Mungkin karena area hutan dan alami sekali, banyak serangga yang masuk kedalam pondok.

Grafika Cikole
Rumah kurcaci Grafika Cikole

Untuk menginap 1 malam di tempat ini, cukup merogoh kocek 920.000 -1.800.000 rupiah dengan kapasitas 6 orang per kamarnya. Harga penginapan sudah termasuk sarapan untuk 6 orang, TV, mineral water, air panas, kayu bakar (hmm kebayang di malam hari bakar-bakaran..) dan tentunya kamar mandi di dalam pondok.

Sedangkan jika kamu bosan dengan nuansa Villa, Grafika Cikole juga menawarkan area Camping dengan tidur di tenda. Dengan biaya sebesar 460.000-750.000/tenda (maksimal 4 orang didalamnya).

Untuk Fasilitas menginap di tenda yang tidak di dapatkan di rumah kurcaci antara lainnya Jagung mentah dan Mie instan masing-masing 4 pax. Namun sayangnya tidak mendapatkan sarapan lagi. Untuk detail lengkapnya dapat kamu cek di grafikacikole.com

area paintball Grafika Cikole

Fasilitas lainnya yang kita dapat pilih lainnya adalah Paket Wisata Jungle Tracking. Dengan melintasi rute sekitar 5km pengunjung dapat melihat kebun sayur, kebun mawar, rumah jamur dan lainnya. Pengunjung juga dapat membeli hasil panen petani atau bahkan memetik sendiri. Fasilitas satu ini dapat dinikmati dengan dikenakan biaya 50.000 rupiah/orang, termasuk nasi timbel komplit. Cukup murah bukan?

Terminal Wisata Grafika Cikole juga menyediakan toko Souvenir. Seperti gantungan kunci, makanan khas Bandung, kerajinan bambu, kaos khas Bandung, hingga wayang golek. Lumayan lengkap untuk kamu yang ingin membawa oleh-oleh untuk teman/saudara.

Selain toko Souvenir, apabila kamu lapar dan ingin menikmati santapan makanan sunda dan suasana lembang, dapat mengunjungi Restoran Sangkuriang.yang mengadopsi atmosfer pulau Bali. Namun apabila anda ingin menu selain makanan Sunda, restoran ini juga menyediakan makanan seafood dan chinesse food.

IMG_4894

Selain semua kegiatan diatas yang begitu terdengar mengasikan, salah satu kegiatan yang cukup menguji adrenalin adalah Off Road ditengah hutan dengan Land Rover/Motor Trail. Di tengah track Off road, terdapat Landy Coffee yang bisa dibilang menjadi salah satu tempat istirahat di tempat ini.

offroad Grafika Cikole

offroad Grafika Cikole

Sambil istirahat dan menikmati kopi dari berbagai daerah, pengunjung dapat menikmati hamparan kebun teh yang luas diantara lebatnya pohon pinus. Tak hanya kopi, di Landy Coffee juga menyediakan kudapan Ubi, Pisang dan singkong rebus.

offroad Grafika Cikole
Area Landy Coffee
offroad Grafika Cikole
Landy Coffee

Hutan Pinus Cikole salah satu Wisata Alam Bandung yang lengkap dan wajib untuk kamu kunjungi bersama orang terdekat mu. Ingin mencoba Off road? Atau bermalam di rumah kurcaci? Selamat menyusun list liburan!

Terminal Wisata Grafika Cikole

Grafikacikole.com

Jl. Tangkuban Perahu Km. 8, Cikole, Lembang, Jawa Barat, Indonesia

Telp :+62 222786906

Leave a Reply