Piknik di Konservasi Hutan Mangrove PIK

hutan mangrove

Hutan Mangrove satu ini, letaknya tidak jauh dari kota Jakarta. Tepatnya ada di Pantai Indah Kapuk (PIK). Hutan Mangrove ini menawarkan suasana alami, jadi kamu ngga perlu jauh jauh mencari destinasi lain untuk dapat menenangkan diri.

Harga tiket masuknya cukup murah, untuk dewasa Rp25.000, sedangkan untuk anak Rp.10.000,-. Sedangkan untuk turis asing dikenakan Rp250.000/kepalanya. Apabila kamu membawa kendaraan roda 4, dikenakan biaya Rp.10.000, atau kendaraan roda 2 Rp.5000/kendaraan. Untuk menuju spot wisata satu ini kamu juga dapat naik Bus Kota Terintegrasi Busway (BKTB), turun di depan sekolah Budha Tzu Chi,PIK. Dari sekolah Budha Tzu Chi kamu dapat mencapai lokasi ini dengan berjalan kaki (lumayan jauh hehe). Untuk tempat parkiran yang disediakan juga cukup besar, jadi jangan khawatir tidak kebagian parkir. Namun pada tempat pengecekan tiket masuk, petugas akan memastikan apakah wisatawan membawa kamera selain handphone atau tidak. Karena apabila di tujukan untuk foto Pre-Wedding/hanya sekedar membawa kamera SLR akan dikenakan tarif sekitar 1.000.000 rupiah.

hutan mangrove

hutan mangrove

Fasilitas yang di sediakan oleh Hutan Mangrove PIK juga cukup lengkap, dari wisata air seperti kano/speed boat, tempat konservasi penanaman Mangrove, Wisata berkemah (semi tenda) & Outbound, juga terdapat penginapan dengan pondok kayu/berkemah dengan tenda. Namun untuk fasilitas kantin yang di sediakan hanya ada satu, lokasinya tidak jauh dari tempat pengecekan tiket masuk. Selain kantin, fasilitas yang tersedia seperti kamar mandi dan mushola juga berdekatan dengan kantin.

hutan mangrove
Di atas kano

hutan mangrove

Area hutan Mangrove ini cukup luas, sekitar 99 hektar, dimana 40% lahan yang dimanfaatkan untuk hutan mangrove. cukup melelahkan juga untuk dapat mengitari seluruh kawasan konservasi ini. Apabila datang cukup sore, ada baiknya menaiki menara pandang untuk dapat mengetahui tempat yang bagus untuk di datangi. Banyaknya hutan bakau di sini, membuat suasana yang adem di daerah PIK yang bisa dibilang cukup panas. Kamu dapat menghabiskan waktu akhir pekan disini sambil piknik disini.Disetiap sudut jalan disediakan kursi kayu dan juga tong sampah, jadi tidak perlu takut karena kesulitan membuang sampah. Apabila lelah berjalan, kamu dapat beristirahat sejenak sambil makan bekal disini.

hutan mangrove

hutan mangrove
Salah satu Villa Hutan Mangrove

Dibagian dalam hutan konservasi Mangrove ini, di sewakan perahu speedboat dan perahu kano. Masing-masing dikenakan 250.000/ 6 orang untuk speed boat, dan 100.000/45 menit untuk perahu kano. Ketika saya mencoba menyewa kano, gak sampai 45 menit sudah nyerah. Lelah juga panas-panas mendayung sampan. Karena daerah disini kurang ber angin. Apalagi bagian danau juga tidak tertutup pohon bakau. Jadi lumayan melelahkan hehe.

Tips ketika datang kesini yang pertama adalah jangan sampai saltum! Walaupun daerah disini menarik untuk tempat berfoto, jangan sampai memakai baju/sepatu yang ribet. Carilah yang simple dan nyaman digunakan. Karena sepanjang perjalanan, jalan yang kamu temui bukan aspal, tapi susunan bambu yang dibuat menjadi jembatan. Tidak hanya dijadikan sebagai tempat untuk menahan abrasi dari ombak laut, hutan Mangrove PIK ternyata juga dapat menarik minat masyarakat yang menjadikan kawasan ini sebagai tempat rekreasi warga Jakarta. Sedangkan waktu yang paling tepat untuk kamu berkunjung adalah pagi atau sore hari. Karena apabila kamu datang di siang hari, teriknya luar biasa.. membuat perjalanan wisata kurang menyenangkan karena baju akan basah kuyup karena keringat. Dan jangan lupa menggunakan sunblock apabila kamu ingin berkeliling di hutan mangrove ini, supaya kulit gak gosong ya.

hutan mangrove
bagian Camp Ground

hutan mangrove

Selain pemandangan yang apik, kawasan konservasi mangrove PIK ini juga cocok untuk tempat berfoto ria. Apabila kamu berencana untuk bermalam disini, per malamnya pondok alam dikenakan tariff sebesar 450.000 hingga 600.000 rupiah, atau villa (lebih dari 1 kamar) mulai dari 1.300.000 hingga 5.000.000 / malam. Tergantung jumlah orang yang menginap dalam 1 kamar.

Sedangkan jika ingin mendapat pengalaman seru yang lain, kamu dapat mengikuti short course cara menanam mangrove. Hanya perlu membayar Rp 150.000/orang atau Rp 500.000 (bila ingin diberikan papan nama). Bentuk penginapan dan harga yang ditawarkan Hutan Mangrove ini berfariasi, begitu juga dari fasilitas, non AC dan AC tersedia disini. Jadi silahkan pastikan kembali untuk fasilitan penginapanpada bagian marketing Hutan Konservasi ini.

Apabil kamu beruntung, kamu juga dapat mengamati burung di Hutan Mangrove PIK ini. Dengan menaiki sebuah menara, kamu dapat menyaksikan burung berwarna putih yang banyak berterbangan. Atau terkadang kamu juga akan bertemu dengan biawak yang memang tinggalnya ada di sekitar hutan konservasi ini. Sayangnya saat kesini, yang saya temukan hanya beberapa burung yang sedang berterbangan di atas hutan saja.

hutan mangrove
Salah satu menara pandang

Wisata Alam Mangrove

Taman Wisata Alam Angke Kapuk

www.jakartamangrove-resort.com

TWA Angke Kapuk, Kapuk Muara

Pantai Indah Kapuk, Jakarta Utara

Telp : 021 2903 3066

 

Leave a Reply